Saturday, July 21, 2012

KAWAKERS



KKN, oh KKN . . .
*Kapan sih kelarnya?

Ternyata begini ya jadi mahasiswa yang sedang berKKN (Kuliah Kerja Nyata). Apalagi di bulan puasa, cukup menguji iman, hehe. Jadi, jadi, awal semester enam lalu saya menginput mata kuliah KKN yang berbobot tiga SKS dalam KRS saya, dengan konsekuensi saya harus menjalankan KKN pada bulan puasa. Awalnya saya yakin, karena saya merasa sayang bila saya harus ikut KKN di semester tujuh. Sayang kan kalau waktu sebulan di bulan Februari dipakai untuk KKN, mending dipakai untuk jalan-jalan, hehehe :D.

Saya mendapat penempatan lokasi di Jepara, tepatnya di desa Kawak Kecamatan Pakis Aji. Makanya kami (saya dan teman-teman satu tim) menamakan diri sebagai Kawakers. Jumlah Kawakers ada tiga belas orang, sudah termasuk saya. Kami berasal dari berbagai macam fakultas, ada Ilmu Budaya (FIB), Hukum (FH), Ekonomika dan Bisnis (FEB), Teknik (FT), Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK), dan Sains dan Matematika (FSM).

Banyak cerita yang terjadi selama KKN. Padahal saya di sini baru lima hari. Lokasi KKN yang lumayan jauh, signal yang sering eror, serta kondisi jalan yang rusak sempat menjadi hambatan. Si Ujang (motor saya) pun sempat rusak pada hari kedua. Mengenai kondisi jalan rusak ini, ada satu papan petunjuk jalan yang membuat saya tersenyum simpul.


Ya, jalan "Astaghfirullah" itu yang membuat si Ujang sempat rusak, haha.
Tapi sekarang si Ujang sudah sehat lagi kok. Cuma keadaannya kotor banget, belum sempat mandi.

Baru lima hari, tetapi rasanya sudah lama sekali. Jadwal saya hari ini juga lumayan padat. Ada banyak berkas K1, K2, K3, R1, R2, dan reportase mingguan yang harus dibuat (jangan tanya deh itu berkas apa). Begini nih rasanya jadi sekretaris desa, setiap hari harus berkutat dengan berkas dan laporan. Padahal program saya sendiri juga belum jalan. Tapi santai sajalah, saya optimis kok dengan program saya.

Kadang saya dan Kawakers lainnya merasa kami sedang dikerjain, diminta ini-itu di luar kemampuan kami (terutama untuk kemampuan kantong kami, hahaha). Ini sebenarnya Kuliah Kerja Nyata atau Kuliah Kuli Nyata sih, haha, bercanda kok. Tapi secara keseluruhan kami sih senang-senang saja. Bahkan kami sempat juga main ke pantai dan Gong Perdamaian Dunia. Lumayan buat merefresh otak :).

No comments:

Post a Comment