Tuesday, June 4, 2013

Biasa - Tak Biasa

Hidup itu pakai hati, bukan pakai mulut buat ngeluh. Selama ini saya hanya melakukan hal-hal yang menurut saya benar, walaupun banyak orang yang (mungkin) menggunjing dan mencemooh saya di belakang. Tapi, saya cukup bahagia dengan hidup saya saat ini, walaupun masih banyak keinginan saya yang belum terwujud.

Sudah beberapa waktu ini, hati saya terasa hangat, entah kenapa. Mungkin karena saya sudah belajar untuk lebih mudah menerima, ikhlas, atas apa-apa yang saya alami dan miliki. Saya pun telah menguatkan hati untuk mencoba berusaha lebih keras tanpa mempedulikan omongan orang lain. Toh ini hidup saya. Saya selalu percaya, bahwa setiap manusia memang berjuang sendirian. Tidak secara harafiah, hanya saja saya pikir bukan orang lain yang akan mewujudkan mimpi saya, tapi diri saya sendiri. Karena orang lain pun punya hidup masing-masing, bukan.

Beberapa waktu ini ada beberapa teman saya yang terlihat "berbeda". Dari yang awalnya riang, berubah menjadi dingin. Memang, akhir-akhir ini kami dilimpahi banyak tanggung jawab yang jujur saja menguras banyak hal, termasuk waktu, pikiran, dana, hingga perasaan. Tetapi itu semua saya anggap sebagai suatu bentuk perjuangan. Dan saya percaya bahwa apa-apa yang saya korbankan akan terbayar oleh hasil yang kelak akan saya dapatkan. Tapi sepertinya beberapa teman saya itu tak sependapat. Saya pikir mereka lelah. Hanya saja yang menyebalkan adalah ketika mereka mengeluh atas "beban" mereka, padahal menurut saya apa-apa yang mereka lakukan itu belum seberapa dibandingkan dengan yang dilakukan oleh saya dan teman saya lainnya.

Memang daya tahan orang itu berbeda-beda, begitu pula dengan batas masing-masing. Tapi tetap saja saya kecewa. Saya pikir teman-teman saya itu memiliki pemikiran yang kuat, karena pada awalnya mereka "bicara banyak". Saya kini merasa dikhianati.

Saya memang tak pernah suka dengan orang yang "bicara banyak" pada awalnya, namun kemudian "mengeluh banyak" pada akhirnya tanpa benar-benar mencoba lebih keras. Ya, hidup ini tak mudah, dan apa-apa yang kita inginkan tak mungkin datang sendiri tanpa adanya perjuangan. Lalu, apakah orang lain bisa disalahkan jika keinginan itu tak tercapai? Tentu tidak, bukan.

Lelah itu biasa, menyerah juga biasa. Ya silakan kalau mau jadi orang yang biasa saja :)

No comments:

Post a Comment